Senin, 10 Desember 2007

Bagaimana Mengetahui Keaslian Dinar IRAQ ?

Bagaimana Kita Mengetahui Keaslian Dinar Irak?
Satu pertanyaan yang sering muncul adalah: Bagaimana cara kita mengetahui keaslian Dinar Irak? Berikut adalah langkah-langkahnya:

Untuk Dinar Irak bernilai 10.000 dan 25.000
1. Horse head watermark
Pegang lalu arahkan dinar pada tempat yang terang. Periksa, bahwa gambar kepala kuda atau Horse Head watermark harus jelas nampak, karena pattern itu ditanam dan bukan dicetak di atas kertas.
2. Color changing symbol
Di sebelah bawah pojok kiri, 8 bagian simbolnya haruslah mempunyai warna yang bisa berubah-ubah dari unggu ke hijau jika dilihat dari sisi yang lain.
3. Ultraviolet writing
Untuk mengetahui tulisan ultraviolet Dinar Iraq ini, haruslah menggunakan sinar ultraviolet ( biasanya bisa dijumpai di toko-toko perangkat keras). Arahkan sinar UV ke huruf-huruf yang samar pada Dinar Iraq tersebut, lalu periksa apakah pada bagian dalam kotak UV tulisan nampak jelas dari bagian belakang.
4. Metallic ink (Khusus dinar 25,000)
Gambar merpati pada dinar tersebut dicetak dengan warna tinta metalic, yaitu tepatnya di atas kiri pojok bagian belakang.
5. Security thread (Khusus dinar 25,000)
Disitu haruslah ada benang pengaman berwarna metalic yang tertanam di dalam bahan kertasnya.
6. Unique serial number:
Setiap mata uang dinar ditandai dengan tulisan unik angka-angka Arab Timur. Perhatikan pengangkaannya ke dalam pengangkaan umum di bawah ini, dimana angka 2 dan 3 nya mirip dengan pengangkaan umum.

Tidak ada komentar: